Tulisan untuk majalah wanita digital

Menghargai Kehidupan by Ses’ Yayuk ( tulisan untuk majalah wanita digital  )
Bagaimana kita bisa menghargai kehidupan kalau kita belum mampu menilai dan menghargai diri kita sendiri ? Kehidupan di dalam diri merupakan sebuah kunci bagi kehidupan itu sendiri atau impact nya sangat terasa bagi kehidupan kita di luar diri kita sendiri.

Kehidupan yang diberikan kepada kita oleh Pencipta untuk kita merupakan sebuah perjalanan yang bisa memberikan nilai dan  makna bagi diri kita sendiri. Apa fungsi, misi dan tujuan kita ada di saat ini  dan "hidup" di dunia ini, hidup artinya hidup hati dan rasanya, bukan hidup yang hidup tapi mati rasa tidak ada hati dan atau yang hidup bagai robot atau monster yang sangat jahat... :(
kita membutuhkan proses pengalaman batin dan perjalanan proses diri yang panjang untuk terus belajar... Apa yang kita bisa berikan atau kontribusikan bagi kehidupan kita dan sekitar dari potensi yang sudah Tuhan berikan kepada kita ? Menghargai kehidupan bisa di katakan bagaimana kita memandang hidup kita sendiri di saat ini, berani menerima dan berani melakukan perubahan apabila perlu. Aku lebih senang dengan proses menggali arti kehidupan dari dalam diri terlebih dahulu. Kenapa ? karena sedemikian pentingnya arti menghargai diri dan kehidupan itu sendiri. Mau memilih kehidupan berdasarkan kesadaraan diri dan pengelolaan batin di perlukan perjalanan yang bukan semalam untuk membangunnya. Apapun perjalanan diri kita di saat ini merupakan refeleksi dari kehidupan sebelum nya, maka dari itu apabila kita merasa saat ini masih di bebani problem masa lalu yang belum terselesaikan atau belum berdamai dengan diri sendiri ? lebih baik kita selesaikan di saat ini.

Kehidupan itu mahal harga pelajarannya...
Berubah dan mau menilai diri sendiri secara jujur, mampu menerima diri dan memaafkan apapun yang pernah terjadi dengan apa adanya. sehinga di saat ini kita mampu bersyukur dan mampu melihat hidup untuk ke depan lebih berhati besar dan jiwa yang besar serta kebijaksanaan untuk membedakan mana yang kita mampu kerjakan mana yang tidak kita mampu..dan menerima perbedaan dengan apa adanya. 

Marilah kita memulai membangun hidup di mulai dari dalam diri kita sendiri dengan membangun diri kita agar refleksi di luar diri di saat kita menjalani kehidupan di saat ini menjadi lebih damai, berbahagia dan bersyukur. Banyak jalan untuk memulai dan merubah kehidupan kita di mulai dari salah satunya membangun diri kita kembali. Dan di saat kita mampu membangun diri itu merupakan proses kita menjadi manusia yang mampu menghargai kehidupan yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Itulah nilai kebahagiaan yang hakiki.. Kita tidak lagi merasa masa lalu, saat ini dan masa depan menjadi sebuah keterpisahan tetapi menjadi sebuah alur proses pematangan jiwa, pembangunan diri dan nilai diri yang kuat yang bisa memberikan nilai nafas atau essensi daripada arti memaknai kehidupan itu sendiri yang Tuhan berikan pada kita.. Percayalah Tuhan maha baik , segala sesuatu selalu indah pada saat nya. Selamat berproses teman- teman....

Comments

Popular posts from this blog

Bernafas

Overcome my trust