Tubuh Barzah

Belajar sufistik itu belajar menyingkap hal-hal keindahan yang hanya milik Tuhan. Setiap mahluk hidup termasuk kita sebagai manusia pasti meninggalkan kehidupan kita masing-masing. Tetapi di saat tubuh dan jiwa terpisah karena kematian...maka apa yang di sebut tubuh barzah itu? 

Di ajaran Hindu sering kita mendengar bahwa ada kehidupan kembali ke dunia ini dengan ber-reinkarnasi. Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula") atau t(um)itis, merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. 

Perbedaan antara ajaran Hindu dan Islam, adalah pengertian kelahiran kembali yang pemaknaan nya tidak sama sesuai dengan kepercayaan nya. Misal nya kita bisa saja memilih mempercayai bagaimana kita berbuat baik dan kasih kepada binatang, karena hal tersebut di percayai dengan mengambil sikap baik dari kita untuk percaya bahwa mereka juga 1) mahluk hidup ciptaan Tuhan. 2) bahwa yang ada di tubuh binatang itu juga berisi jiwa yang tidak berakal atau secara reinkarnasi itu juga jiwa-jiwa dari makhluk hidup  yang sudah pergi meninggalkan dunia tetapi dalam wadah atau wujud bentuk yang lain. Tetapi di dalam ilmu sufi ke-islam-an bahwa yang di sebut tubuh barzah adalah ....( bersambung...)

Comments

Popular posts from this blog

Bernafas

Overcome my trust