Transformasi orang aneh

Kayaknya Ses' udah keseringan banget deh denger kata transformasi, kebetulan karena kepo sama diri sendiri, jadi bener-bener diniatin banget pengen mengenal diri sendiri karena terkesima sendiri dengan kata-kata  " transformasi " itu. Nah biasanya kita hobi banget kan ? mengamati orang, mengenali orang atau mungkin ngomongin orang :) Nah emangnya kita sudah pada kenal belum sama diri kita sendiri  :) 

Ternyata mengenali diri sendiri itu susahnya setengah mati dan perjalanannya jangan di tanya..nun jauh mata memandang alias jauh banget !! kenapa ?? karena lapisan demi lapisan di dalam diri itu memang banyak banget. Satu-satu di sisir bagai rambut yang kusut, lalu proses, sisir lagi proses...gak ada habisnya. Bagaikan kamar kalau keseringan gak pernah di tengok atau gak pernah di bersihkan dalam dua hari saja rasanya kan sudah kotor banget yahh  :(  gimana juga dengan diri sendiri yang paling dalam apalagi kalau bertahun-tahun atau puluhan tahun gak pernah tersentuh, uww pasti busuk banget deh !!  Bayangkan puluhan tahun tidak pernah di bersihkan dari kerak-kerak masa lalu, kerak-kerak penyakit hati ampun deh kotornya? iya kan ??

Sebenarnya sih beberes di dalam diri itu hanya perlu niat yang kuat dan mau rela untuk jatuh bangun, mau mencoba lagi terus menerus, menerobos, kadang bosen, kadang capek juga. Sudah capek mikirin hidup, capek jugalah kalau disuruh-suruh beberes di dalam diri apalagi di suruh sama orang lain lagi ihhh..pemaksaan deh loe Ses' Yayuk !!! please deh... Maklum kalau di suruh itu kan artinya belum timbul sendiri kesadarannya untuk beberes yah ?? Yah tunggu saja sampai sadar? nah kapan sadar kesadarannya timbul sih ? Yah tunggu saja sampai  hit your bottom !! Bagus lagi kalau sampai Hit the bottom itu !!  jadi merasakannya sendiri Ya kan ?? Eh beneran loh !!! kita jadi belajar sadar dan mau cari jalan sendiri. Belajar jalan juga termasuk mau salah arah jadi biar me'letek bener salahnya  :)

Cari jalan terus dan terus bukan jalan ke PIM Mall atau kedai makan loh !!  Jalannya masuk terus ke dalam diri, belajar lagi membagi waktu kapan kita incharge di dalam hidup kita, dan kapan kita keluar dulu di dalam rutinitas hidup kita sehari-hari. Berapa lama waktunya yang akan kita sisihkan untuk "HOLY DAY" alias mencari waktu untuk sedikit bertapa seperti MONK atau BIKSU dengan memberi waktu diam atau hening " in silence " bagi diri sendiri mungkin bisa 1 jam bahkan tahunan.

Apa bisa kita cari waktu hanya untuk diri kita sendiri tanpa bisa diganggu siapapun, dan kita menganggu siapapun ?? BISA !! Karena waktu kita kan cuman sedikit Ses' Yayuk ? dengan semua hal yang membutuhkan perhatian dan tanggung jawab kita ? Belum kerja, belum urusan rumah tangga, urusan ini dan itu...banyak deh pokoknya alasannya. Memang tidak mudah sih cari waktu untuk diri kita belajar mengenal diri sendiri dan apa lagi beberes diri. Masa sih :) segitunya ?? coba saja deh sendiri. Dapatin waktu untuk " traveling " ke dalam diri itu LUXURY banget sih rasanya, gak semua orang ada waktunya. Loe kayak orang nganggur deh kesannya !!! kayak gak ada yang lebih penting ajah !! Nah balik - balik lagi prioritas setiap orang dan kepentingan hidup setiap orang kan memang beda-beda ?? oh iya Ses' lupa..kirain semua orang sama tujuannya, sama-sama mau "traveling ke dalam diri " ??   Percaya gak percaya jalan menuju kedalam diri itu lapisannya banyak, belum pakai hawa nafsu segala yang suka bikin males dan capek, belum pakai pikiran negatif yang kotor jadi tambah bikin kita males aja, belum cobaan dari di luar diri kita yang bikin emosi dan memanaskan ego kita makin memuncak....bukan HATI loh !! yang memanas tapi EGO kita...

Yah itulah Pencak silatnya mengenali diri yang memang harga perjalanannya memang susah dan mahal banget tapi berharga untuk jangka panjang kita sih !! hmmm.. memang ada yah semua di dunia ini yang Mudah dan Gampang ?????   :)  Belum lagi ada hal lain yang menghalangi kita untuk jalan-jalan ke dalam diri kita konon aturannya banyak !! Ada aturan tradisi, culture, budaya, agama dan tetek bengek yang lainnya. Belum pakai bumbu lain yang menyertainya ada trauma marissa, stress, healing inner-child dan lainnya !! tambah pegel yah.. uhhhh kok repot amat yah prosesnya.. Nah itulah proses-proses TRANSFORMASI mau jadi Manusia. Semoga semangat Transformasi tetap bisa di laksanakan setiap saat....SATU HAL...NEVER GIVE UP !!!  
Breathe......Namaste

Comments

Popular posts from this blog

Bernafas

Overcome my trust